Kegiatan

Forum Pertemuan AP3SI dengan MGMP Sosiologi Indonesia

Asosasi Profesi Pendidik dan Peneliti Sosiologi Indonesia (AP3SI) mengadakan acara Forum Pertemuan MGMP Sosiologi se Indonesia secara daring melalui Zoom Meeting pada Sabtu/27 Maret 2021. Acara ini dimulai pukul 09.00 dan berakhir pukul 12.00. Dalam acara itu hadir perwakilan 23 provinsi yang terdapat MGMP Sosiologi. Ketua Umum AP3SI yang juga merupakan guru besar Sosiologi UPI Bandung, Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si. mengatakan, ‘’Acara ini bertujuan membangun silaturahmi dan sinergi antara kami (AP3SI) dengan MGMP Sosiologi untuk meningkatkan pengembangan disiplin sosiologi di sekolah.” Perlu diketahui bahwa acara pertemuan ini adalah sejarah dan momen penting karena sebelumnya belum pernah ada acara yang mengundang kehadiran perwakilan pengurus MGMP Sosiologi Indonesia. “Dalam suasana pandemi Covid 19, kita mendapatkan kemudahan untuk bisa mengadakan acara ini secara virtual tanpa mengurangi substansi silaturahmi dan peningkatan kolaborasi tersebut,” lanjutnya.

Dalam acara ini dihadiri oleh Dr. Subandi, M.M. sebagai Kepala P4TK IPS/PKN mewakili Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan. Dr. Subandi, M.M. membawakan materi berjudul ‘’Organisasi Profesi Guru dan Pembelajaran Sosiologi’’. “Guru Sosiologi memiliki peran penting dalam meningkatkan pengetahuan dan skil siswa di era digital saat ini,” ujarnya. Lebih lanjut, Dr. Subandi, M.M. mengucapkan, “Acara yang diselenggarakan oleh AP3SI sangat positif karena sangat membantu guru-guru serta MGMP Sosiologi yang tersebar di berbagai daerah,” pungkasnya.

Dalam acara intinya yaitu sesi sharing dengan perwakilan MGMP, banyak disampaikan kegelisahan, pemikiran dan usulan dari perwakilan MGMP. Dalam bagian acara ini, dipimpin oleh Grendi Hendrastomo, M.M., M.A. sebagai Wakil Ketua Umum AP3SI. Secara umum masukan-masukan dalam sesi ini sangat konstruktif dan strategis dalam pengembangan kegiatan AP3SI. ”Teman-teman kami di Bidang Akademik akan merumuskannya masukan-masukan tersebut sehingga menjadi program kerja yang bisa meningkatkan kualitas pembelajaran Sosiologi di berbagai daerah’’, papar Grendi di akhir acara. Di bagian akhir acara, semua peserta mendapatkan banyak pengalaman dan pencerahan dalam pengembangan kapasitas menjadi guru sosiologi. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah komitmen kolaborasi dan sinergi antara AP3SI dan MGMP Sosiologi untuk lebih maksimal meingkatkan kompetensi guru sosiologi ke depannya. (RH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.