Informasi Kegiatan: Peneliti Mengajar bersama AP3SI #2

Dalam rangkaian peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, AP3SI melalui bidang akademik mengadkan kegiatan “Peneliti Mengajar bersama AP3SI #2” setelah sebelumnya mengadakan “Guru Mengajar bersama AP3SI #1”. Bekerjasama dengan SMAN 4 Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan, kegiatan ini bertajuk peningkatan kualitas pembelajaran Sosiologi di ruang kelas sekolah melalui program peneliti mengajar.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Selasa, 4 Mei 2021, pukul 10.30 – 12.30 WIB. Kegiatan ini berhasil terlaksana atas kerjasama AP3SI, SMAN 4 Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Sumatera Selatan dan LIPI. Kelas yang dipilih adalah kelas X MIPA 2. Acara ini dihadiri 78 peserta dari berbagai daerah seperti Sumsel, Jakarta, Denpasar, Bogor, Jakarta, Yogyakarta hingga Surabaya. Peserta mewakili kalangan murid SMA, guru sosiologi dan dosen sosiologi.

Mengawali kegiatan ini, Ibu Prof. Dr. Elly Malihah, M.Si., selaku Ketua Umum AP3SI menyambut baik kegiatan ini. “Ini adalah kolaborasi AP3SI dengan pihak sekolah untuk mengembangkan kemampuan penelitian bagi guru dan murid.Kita bersyukur dengan kehadiran narasumber dari LIPI yang membawakan materi pengetahuan dan pengalamannya tentang penelitian,” ucap guru besar Sosiologi UPI ini.

Dari pihak sekolah, Bapak Irwansyah, M.Si., selaku kepala sekolah mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya kegiatan ini. “Kami yang berada di daerah pedalaman, sekitar 170 KM dari Palembang merasa bangga dengan kehadiran dan kegiatan acara ini. Semoga ini menjadi motivasi untuk murid dan guru kami,” ujarnya. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh guru pengampu mata pelajaran Sosiologi, bapak Agung Dirga Kusuma, S.Pd., Gr.

Narasumber dalam acara ini hadir mengajar di kelas membawakan materi dalam pelajaran Sosiologi. Acara ini menghadirkan narasumber Anggi Afriansyah, M.Si., yang merupakan Peneliti Sosiologi Pendidikan di Pusat Penelitian Kependudukan LIPI. Acara webinar ini membawa judul ‘’Mengenal Penelitian Sosial’’, dengan topik utama Metode Penelitian Sosial sesuai dengan bahasan Sosiologi di kurikulum.

Narasumber memberikan pengetahuan tentang prinsip-prinsip dasar metodologi penelitian dan juga berbagai pengalaman suka duka meneliti di berbagai daerah. Pengalaman penelitian ini bisa memberikan inspirasi dan motivasi kepada murid-murid untuk lebih memahami metode penelitian. ‘’Harapannya semoga adik-adik bisa lebih mengerti dan menarik untuk meneliti berbagai fenomena sosial yang ada di masyarakat,’’ujar alumni UNJ ini.

Materi metode penelitian sosial ini menjadi salah satu materi pembelajaran yang dirasa cukup sulit untuk disampaikan oleh guru sosiologi kepada para siswa. Dengan penyampaian berbasis pengalaman lapangannya di berbagai wilayah seperti Jawa, Kalimantan, dan Papua, narasumber memberikan gambaran bagaimana proses penelitian dilakukan. Diskusi juga berlangsung hangat karena beberapa siswa-siswa di SMA ini ternyata telah pernah mencoba dan bahkan meraih prestasi dalam kompetisi penulisan ilmiah berbasis metode penelitian baik di tingkat lokal maupun nasional.

Program berikutnya akan diagendakan di SMA-SMA lain pada semester depan yang disesuaikan dengan kalender akademik sekolah yang bersangkutan. (RH/AP3SI)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.