Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Sandra Nadya Tasha Aprillia
Varinia Pura Damaiyanti
Sri Hidayah
Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis dalam melihat bagaimana gaya hidup pada kalangan mahasiswa di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat di Banjarmasin. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memahami bagaimana gaya hidup dapat membentuk perilaku konsumtif, di kaji menggunakan teori David Chaney lifestyles. Chaney mengatakan bahwa pada akhir modernitas semua yang kita miliki akan menjadi budaya tontonan (a culture of spectacle). Semua orang ingin menjadi penonton dan sekaligus ditonton. Ingin melihat tapi sekaligus juga dilihat. Di sinilah gaya mulai menjadi modus keberadaan manusia modern : kamu bergaya maka kamu ada ! kalau kamu tidak bergaya, siap-siaplah untuk dianggap “tidak ada” : diremehkan, diabaikan atau mungkin dilecehkan. Itulah sebabnya mungkin orang sekarang perlu bersolek atau berias diri. Menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pemilihan informan meggunakan snowball sampling berjumlah sebanyak 9 orang informan. Pengumpulan data dibuat dengan wawancara, dan dikaji menggunakan teknik analsis data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya hidup Mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat berorientasi pada perilaku konsumtif terlihat bagaimana penampilan mahasiswa serta bagaimana mahasiswa dalam mengisi waktu luangnya yang dikelompokkan sebagai berikut : (a) fashion dan lingkungan (b) mengikuti tren (c) self love dan self reward.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

Subjek
fenomena sosial, realitas sosial, gaya hidup, budaya
Disiplin Ilmu
Sosiologi
Cara Mengutip
Tasha Aprillia, S. N., Damaiyanti, V. P., & Hidayah, S. (2022). Gaya Hidup Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung Mangkurat. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(2), 129-136. https://doi.org/10.52483/ijsed.v3i2.58
Referensi
  1. Alviyah, K. (2020). Perilaku Konsumsi Budaya Masyarakat dalam Tradisi Labuhan Ageng di Pantai Sembukan. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development (IJSED) Vol. 2 Issue 2 Juli-Desember 2020, Halaman 135-143.
  2. Astiti, S. W. (2020). Peran konformitas dan gaya hidup brand minded terhadap perilaku konsumtif mahasiswi di Kota Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana Edisi Khusus Kesehatan Mental dan Budaya 2, 96-108.
  3. Fitriani, U. R. (2020). Peran Konformitas sebagai Mediator Hubungan Harga Diri dan Perilaku Konsumtif pada Mahasiswa. Vol. 6, No. 1, 48-59.
  4. Masnida Khairat, N. ‘. (2018). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi Islam.
  5. SAFRI, S. (2020). Analisis Perilaku Konsumsi Terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Bidikmisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN SMH Banten. Skripsi.
  6. Santhoso, R. T. (2017). Hubungan antara Gaya Hidup Hedonis dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja. Gadjah Mada Journal Of Psychology, Volume 3, NO. 3 : 131-140
  7. Baudrillard, Jean. 2004. Masyarakat Konsumsi. Yogyakarta: Kreasi Kencana.
  8. Chaney,D. 2009. LIFE STYLE sebuah pengantar komprehensif. Yogyakarta : JALASUTRA.
  9. Featherstone, M. (2008). Postmodernisme dan Budaya Konsumen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
  10. Susanto, A.B. (2001). Potret-Potret gaya hidup metropolis. Jakarta : Kompas Media Nusantara.
  11. Martono, N. (2016). Sosiologi Perubahan Sosial : Perspektif Klasik, Modern, Postmodern, dan Poskolonial. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
  12. Martono, N. (2018). Sosiologi Perubahan Sosial : Perspektif klasik, Modern, Postmodern, dan Poskolonial. Depok : Rajawali Pers.
  13. Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kombinasi (mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
  14. Sumodiningrat, G., & Wulandari, A. (2015). Revolusi mental pembentukan karakter bangsa Indonesia. Yogyakarta: Media Pressindo.
  15. Akhidah, L. K. (2021). Pengarus Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif. Skripsi.
  16. Pratiwi, R. I. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Produk Skincare Pada Mahasiswi Universitas Medan Area Fakultas Psikologi.