Pandemi Covid-19 yang mewabah di dunia mengubah seluruh tatanan, tak terkecuali pada bidang pendidikan. Kebijakan work from home disusul dengan study from home membawa perubahan pada cara mengajar guru dan cara belajar peserta didik. Mau tidak mau, suka tidak suka guru dan peserta didik ‘dipaksa’ untuk menggunakan teknologi dalam wujud pembelajaran daring (e-learning). Guru harus mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk kepentingan pembelajaran. Akselerasi perlu dilakukan oleh guru supaya pembelajaran tetap dapat dilakukan. Ironisnya banyak guru yang belum mampu mengoptimalkan penggunaan teknologi untuk pembelajaran dan terjebak pada pemberian tugas yang justru memberatkan peserta didik. Guru perlu mengubah mindset dan menempatkan pembelajaran daring sebagai realita hari ini dan berupaya mengembangkan pembelajaran daring menjadi lebih menyenangkan.

Belum selesai pada penyiapan guru, kondisi sosial ekonomi dan prasarana yang dimiliki peserta didik juga menjadi kendala. Keterbatasan jaringan internet, kuota hingga ketiadaan gadget semakin menambah runyam proses pembelajaran. Pada akhirnya perlu ada solusi untuk mendorong perbaikan kualitas pembelajaran dan mengembangkan pembelajaran daring yang menyenangkan. Pada proses inilah perlu ada gerakan untuk melakukan pendampingan kepada guru untuk berlatih penggunaan dan pemanfaatan beragam platform teknologi untuk digunakan sebagai perantara pembelajaran.

Asosiasi Profesi Pendidik dan Peneliti Sosiologi Indonesia (AP3SI) bergerak cepat untuk merespok kegelisahan guru selama pandemi Covid-19. Respon asosiasi dilakukan dengan mengadakan diskusi daring untuk memetakan kebutuhan guru dan peserta didik yang paling urgen. Kebutuhan akan peningkatan kompetensi memanfaatkan teknologi, pengembangan sumber belajar digital yang mudah diakses, hingga pendampingan kebijakan perluasan teknologi menjadi rekomendasi diskusi daring. Salah satu yang kemudian direspon adalah dilakukannya pelatihan daring bagi guru. Pelatihan daring untuk guru ini perlu segera dilakukan mengingat pembelajaran sudah berjalan cukup lama dan beberapa data menunjukkan mulai menurunya motivasi belajar peserta didik. Berdasarkan pertimbangan tersebut AP3SI bekerjasama dengan APPSANTI (Asosiasi Program Studi Pendidikan Sosiologi Antropologi Indonesia) menginisiasi pelatihan daring “Belajar Daring: Berlatih Ragam Aplikasi Daring” yang pada seri pertama ini dibuka untuk kelas basic. Dalam satu tahapan (kelas basic) pelatihan dilaksanakan selama 3 sesi. Sesi pertama membahas tentang bahan ajar: hakikat daring dan PowerPoint with voice (21/04); sesi kedua membahas tentang ragam strategi belajar: puzzle dan medsos (24/04); dan sesi ketiga membahas tentang penilaian pembelajaran dengan google form. Pelatihan kelas basic diikuti oleh guru-guru sosiologi dari berbagai daerah di Indonesia dan dilatih oleh kolaborasi tim dari UNY, UPI, UNNES dan UNJ. Antusiasme guru terlihat dari partisipasi mengikuti pelatihan daring ini. Bagi guru selama physical distancing, inovasi pelatihan dengan model daring ini mampu menjadi pemacu dan tempat belajar untuk mengembangkan pembelajaran daring di sekolah.

Program pelatihan daring ini rencananya akan dilanjutkan dengan kelas advance yang akan mengembangkan model pembelajaran daring yang lebnih beragam. AP3SI akan terus berupaya menginisiasi berbagai kegiatan untuk meningkatkan kualitas guru dan pembelajaran khususnya sosiologi dengan kegiatan-kegiatan inovatif dalam rangka memberikan kontribusi bagi pendidikan di Indonesia terutama dalam menyikapi pandemi Covid-19.

Kategori: Kegiatan

4 Komentar

Ibrahim Yazdi · 4 Mei 2020 pada 20:09

Kegiatan tersebut sangat membantu kami para guru di lapangan, terutama utk menemukan formula yg tepat dalam memberikan metode yg tepat dalam KBM daring yg disesuaikan dengan karakter peserta didik kami. Dan selanjutnya bisa kami diseminasikan ke teman-teman sejawat kami.

Asteria · 4 Mei 2020 pada 20:17

Semoga segera ada yg tingkat lanjutan nya… Mau ikutan lagi 😊

Tri Wijaya · 4 Mei 2020 pada 22:25

Sangat membantu dan bermanfaat bagi kami. Semoga ilmu yang diberikan narasumber menjadi berkat. Terimakasih untuk AP3SI dan APPSANTI.

Yenti Natonis · 23 Juli 2020 pada 12:25

Mengikuti pembelajaran online dari rumah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.