Ketikkan judul artikel anda di sini.

Penulis 1, Penulis 2, Penulis 3, dst.

Abstrak

Ketikkan abstrak anda disini. Abstrak maksimal 200 kata. Abstrak harus menjelaskan latar belakang penelitian, tujuan penelitian, metode yang digunakan dalam penelitian, temuan utama, dan kebaruan penelitian.

Kata kunci: Kata Kunci 1, Kata Kunci 2 (maksimal 5, pisahkan dengan koma)


Type your manuscript title in English here.

Author 1, Author 2, Author 3, etc.

Abstract

Type your abstract here. Your abstract is limited to 200 words maximum. Your abstract must describe research background, research goals, method used in the research, main findings, and research novelty.

Keywords: Keyword 1, Keyword 2 (maximum of 5, comma-delimited)


Pengakuan

Jika ada ucapan terima kasih atau pernyataan pengakuan terhadap pihak tertentu atas kontribusinya terhadap penelitian atau artikel ini, mohon cantumkan pada bagian ini.


Pendahuluan

Pendahuluan berperan memandu pembaca dari bidang yang lebih umum ke bidang khusus yang anda akan cakup dalam artikel penelitian anda. Pendahuluan membangun konteks penelitian yang sedang dilaporkan dengan menyederhakan pemahaman umum dan informasi latar belakang terkait topik, menyatakan tujuan penelitian dalam bentuk hipotesis, pertanyaan, atau masalah penelitian, secara ringkas menjelaskan alur pemikiran anda, pendekatan metodologis, menggarisbawahi hasil potensial yang penelitian anda akan ungkap, dan mendeskripsikan struktur artikel. Umumnya pendahuluan tidak terlalu panjang, mungkin 3-4 paragraf atau maksimal 2 halaman. Gunakan referensi primer (khususnya artikel jurnal) yang relevan dan terbaru (maksimal 4 tahun terakhir).

Gunakan <h3> untuk anak judul, dan <h4> untuk anak subjudul. Maksimal <h4>.

Metode

Metode dalam artikel menyediakan informasi bagaimana validitas studi ditentukan. Bagian metode menjawab dua pertanyaan utama:

  1. Bagaimana data dikumpulkan atau dihasilkan?
  2. Bagaimana data dianalisis?

Gunakan <h3> untuk anak judul, dan <h4> untuk anak subjudul. Maksimal <h4>.

Hasil dan Pembahasan

Hasil dan Pembahasan adalah bagian di mana anda melaporkan temuan studi anda berdasarkan informasi yang dikumpulkan sebagai hasil metodologi yang anda terapkan, lalu menginterpretasikan dan mendeskripsikan signifikansi temuan anda untuk menjelaskan apa yang sudah diketahui tentang masalah penelitian yang sedang dikaji, dan untuk menjelaskan pemahaman atau temuan baru terkait masalah setelah mempertimbangkan temuan penelitian.

Bagian Hasil Penelitian harus menyatakan temuan, tanpa bias atau interpretasi, dan disusun berdasarkan urutan yang logis. Umumnya bagian Hasil Penelitian harus ada jika artikel anda melibatkan data yang dihasilkan dari penelitian sendiri.

Bagian Pembahasan akan selalu berhubungan dengan pendahuluan khususnya dengan pertanyaan penelitian atau hipotesis yang anda ajukan, namun tidak hanya mengulang atau menyusun ulang pendahuluan; Pembahasan harus selalu menjelaskan bagaimana penelitian anda mengubah pemahaman pembaca atas masalah penelitian yang diangkat dari pemahaman semula mereka saat membaca sampai akhir bagian pendahuluan.

Gunakan <h3> untuk anak judul, dan <h4> untuk anak subjudul. Maksimal <h4>.

Untuk tabel, judul tabel ditempatkan di atas tabel. Sumber tabel ditempatkan di bawah tabel. Pastikan tabel dinomori dengan penomoran angka arab.

Untuk gambar, tidak ada teks yang berada di kiri dan kanan gambar. Teks hanya boleh berada di bawah dan di atas gambar. Sumber gambar diletakkan di bawah gambar.

Simpulan

Bagian Simpulan ditujukan untuk membantu pembaca memahami mengapa penelitian anda penting bagi mereka setelah mereka selesai membaca artikel Anda. Simpulan tidak hanya ringkasan poin-poin Anda atau pernyataan ulang masalah penelitian; Simpulan adalah sintesis dari poin-poin kunci. Untuk kebanyakan artikel, satu paragraf yang padu sudah cukup untuk sebuah simpulan, meski dalam beberapa kasus, simpulan dua atau tiga paragraf mungkin dibutuhkan.


Deklarasi Kepemilikan

Mohon ketik ulang teks di bawah ini dalam tag <code>.

Dengan mengirimkan artikel ini ke IJSED, kami menyatakan bahwa artikel ini adalah hasil karya orisinil kami. Kami bersedia bertanggungjawab apabila di kemudian hari ditemukan bahwa artikel yang kami tulis merupakan saduran, jiplakan, atau bukan merupakan artikel orisinil kami.

ketik ulang teks di atas disini.


Keterangan Etis

Mohon ketik ulang teks di bawah ini dalam tag <code>.

Dengan mengirimkan artikel ini ke IJSED, kami menyatakan bahwa artikel ini telah lulus kriteria-kriteria dan ketentuan etis yang disyaratkan secara umum oleh IJSED, dan oleh institusi afiliasi kami. Kami bersedia bertanggungjawab apabila di kemudian hari ditemukan isu-isu etik yang berkaitan dengan artikel yang kami tulis.

ketik ulang teks di atas disini.


Daftar Pustaka

Penulis diwajibkan untuk mengutip setidaknya 1 artikel yang pernah terbit di IJSED.

Jurnal

Ashing‐Giwa, K. T., Padilla, G., Tejero, J., Kraemer, J., Wright, K., Coscarelli, A., Clayton, S., Williams, I., & Hills, D. (2004). Understanding the breast cancer experience of women: A qualitative study of African American, Asian American, Latina and Caucasian cancer survivors. Psycho‐Oncolog, 13(6), 408-428. https://doi.org/10.1002/pon.750

Berita/Majalah

Kennedy, M. (2018, October 15). To prevent wildfires, PG&E pre-emptively cuts power to thousands in California. NPR. https://www.npr.org/2018/10/15/657468903/to-prevent-wildfires-pg-e-preemptively-cuts-power-to-thousands-in-california

Buku

Schmidt, N. A., & Brown, J. M. (2017). Evidence-based practice for nurses: Appraisal and application of research (4th ed.). Jones & Bartlett Learning, LLC.

Bab dalam Buku dengan Editor

McCormack, B., McCance, T., & Maben, J. (2013). Outcome evaluation in the development of person-centred practice. In B. McCormack, K. Manley, & A. Titchen (Eds.), Practice development in nursing and healthcare (pp. 190-211). John Wiley & Sons.

Halaman Web

Centers for Disease Control and Prevention. (October, 2020). Preventing HPV-associated cancers. https://www.cdc.gov/cancer/hpv/basic_info/prevention.htm/

Gunakan (n.d.) apabila tidak ada keterangan tanggal pada halaman web.

Laporan Daring

Los Angeles County Deptartment of Public Health. (2017, January). Key indicators of health by service planning area. http://publichealth.lacounty.gov/ha/

Skripsi, Tesis, Disertasi

Valentin, E. R. (2019, Summer). Narcissism predicted by Snapchat selfie sharing, filter usage, and editing [Master's thesis, California State University Dominguez Hills]. CSU ScholarWorks. https://scholarworks.calstate.edu/concern/theses/3197xm925?locale=en


Petunjuk Style dan Formatting

Mulai pengiriman artikel untuk Volume 3 Edisi 1 Tahun 2021, IJSED menerima manuskrip yang ditulis dengan menggunakan Markdown (md) dan HTML (html). IJSED menggunakan HTML5. Untuk referensi lengkap HTML dapat diklik pada link berikut: https://www.w3schools.com/TAGS/default.ASP

Dokumen artikel ilmiah IJSED menggunakan Bootstrap 4.5. Anda dapat membaca dokumentasi lengkap terkait Bootstrap 4.5 pada tautan ini.